PAJAK DOKTER: NPWP SUAMI ISTRI PROFESI DOKTER LEBIH EFEKTIF DIGABUNG ATAU DIPISAH? BAGAIMANA PERHITUNGAN TAX PLANNINGNYA?

 

Penggabungan atau pemisahan NPWP suami istri dengan profesi dokter dapat memengaruhi perhitungan pajak yang dikenakan. Namun, penting untuk dicatat bahwa peraturan pajak dapat berbeda di setiap negara. Oleh karena itu, informasi yang diberikan berikut ini didasarkan pada prinsip umum, dan sebaiknya Anda memeriksa aturan pajak yang berlaku di negara Anda atau berkonsultasi dengan seorang ahli pajak untuk mendapatkan nasihat yang tepat.

  1. Penggabungan NPWP: Penggabungan NPWP suami istri dengan profesi dokter berarti keduanya akan memiliki satu NPWP bersama. Dalam hal ini, penghasilan dari kedua suami istri akan dianggap sebagai penghasilan bersama dan dikenakan pajak secara keseluruhan.

  2. Pemisahan NPWP: Pemisahan NPWP suami istri dengan profesi dokter berarti keduanya akan memiliki NPWP terpisah. Setiap individu akan membayar pajak atas penghasilan mereka masing-masing.

Banyak Dokter yang Masih Bingung mengenai Perlakuan Penggabungan dan Pemisahan NPWP

Pemilihan antara penggabungan atau pemisahan NPWP dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tarif pajak yang berlaku, jumlah penghasilan masing-masing suami istri, serta adanya pengurangan pajak atau insentif khusus untuk profesi tertentu.

Perhitungan tax planning yang tepat memerlukan informasi rinci tentang penghasilan, pengeluaran, dan aturan pajak yang berlaku di negara Anda. Beberapa strategi umum dalam tax planning untuk suami istri dengan profesi dokter meliputi:

  1. Pengaturan Pembagian Penghasilan: Dalam beberapa kasus, membagi penghasilan antara suami dan istri secara cerdas dapat mengoptimalkan manfaat pajak yang tersedia. Ini dapat melibatkan redistribusi penghasilan agar suami dan istri berada dalam kategori tarif pajak yang lebih rendah.

  2. Pengurangan Pajak: Memanfaatkan pengurangan pajak atau insentif yang ditawarkan untuk profesi dokter tertentu dapat membantu mengurangi beban pajak. Hal ini mungkin melibatkan pengeluaran yang terkait dengan pendidikan atau pelatihan, biaya peralatan medis, atau sumbangan amal.

  3. Manfaatkan Skema Pensiun: Memanfaatkan skema pensiun atau rencana tabungan dengan manfaat pajak yang menguntungkan dapat membantu mengurangi beban pajak saat ini dan menyimpan untuk masa depan.

Selain itu, Pemerintah Indonesia memberikan opsi kepada suami dan istri untuk menggabungkan atau memisahkan NPWP. Perhitungan PPh tahunan bagi suami istri yang menggabungkan dan memisahkan NPWP diperhitungkan secara berbeda.

Pertimbangan Pemisahan dan Penggabungan NPWP Sering menjadi Perdebatan

Untuk lebih jelasnya, Simak penjelasan praktik berikut.

Perhitungan pajak NPWP digabung:

Suami bekerja sebagai dokter di sebuah Rumah Sakit dengan gaji Rp 180.000.000 dengan tanggungan seorang istri yang juga bekerja sebagai dokter dan tidak memiliki anak. Profesi dokter sebagai subjek pajak orang pribadi dikenakan pajak penghasilan pasal 21 dengan tarif pasal 17 ayat 1 huruf a UU PPh dan tarif pasal 4 PP Nomor 80 Tahun 2010.

Dari perhitungan diatas, sesuai dengan UU PPh pasal 8 ayat 1 bahwa penghasilan dan kerugian milik istri dianggap sebagai milik suami. Hak dan kewajiban pajak hanya menggunakan NPWP suami ketika NPWP suami dan istri digabung.

Perhitungan pajak NPWP digabung

                                Perhitungan pajak NPWP digabung

Perhitungan pajak NPWP dipisah:

Suami dan istri bekerja sebagai dokter di sebuah Rumah Sakit dengan gaji suami Rp 180.000.000 dan istri Rp 80.000.000. Masing-masing tidak memiliki tanggungan.

Dari perhitungan diatas, sesuai dengan UU PPh pasal 8 ayat 3 bahwa pengenaan pajak suami istri berasal dari penggabungan penghasilan neto suami istri. Besarnya pajak yang harus dibayar suami istri sesuai dengan perbandingan rasio penghasilan neto mereka.

Perhitungan pajak NPWP dipisah

                              Perhitungan pajak NPWP dipisah

KESIMPULAN

Dari perhitungan diatas, NPWP suami istri yang digabung lebih efektif karena tidak menimbulkan adanya kejutan pajak atau kurang bayar. Perhitungan pajak suami dan istri yang digabung bernilai lebih rendah dan cukup melaporkan SPT Tahunan sekali saja. Sedangkan NPWP suami istri yang dipisah besar kemungkinan terjadinya kurang bayar. Suami dan istri masing-masing harus melaporkan SPT Tahunan.

Informasi lebih lanjut dan konsultasi gratis bersama kami, melalui kontak kami berikut.

WA : https://wa.me/6281226924491

Instagram : https://bit.ly/instagramkjaasp_official

Facebook : https://bit.ly/facebookKJAASP

Web : https://kjaatik.id/

Tiktok : https://bit.ly/tiktokkjaasp_official

Youtube : https://bit.ly/youtubeKJAASP

Maps: https://bit.ly/GoogleMapsKJAASP