Kenapa laporan keuangan itu penting? Apa yang bisa membuat laporan keuangan penting untuk pembuatan keputusan? Lalu siapa saja sebenarnya yang memerlukan laporan keuangan?

Yuk, temukan jawaban dari pertanyaanmu hanya di blog KJAASP disini! 

Sebagai seorang owner atau profesi apapun pasti sering mendengar tentang laporan keuangan, apalagi laporan keuangan bagi perusahaan. Tapi sebelumnya kalian tahu gak sih laporan keuangan itu apa?

Oke, mari kita bahas lebih lanjut

 

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan hal yang riskan dan penting bagi suatu perusahaan. Sebelum ke pengertian, kita bahas dulu yuk asal usul dari laporan keuangan.

Laporan keuangan bersumber dari faktur, bon, nota kredit, dan lain-lain. Sumber data tersebut dijadikan bukti keabsahan transaksi bisnis dalam periode tertentu. Sumber data absah tersebut diolah sehingga menjadi suatu laporan keuangan yang dapat menjelaskan keadaan suatu perusahaan.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa laporan keuangan adalah laporan yang memberikan informasi tentang kondisi keuangan dan kinerja suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Maka dari itu, laporan keuangan merupakan dokumen penting yang seharusnya ada dalam suatu perusahaan.

 

Komponen dalam Laporan Keuangan

Berikut ini adalah komponen laporan keuangan beserta penjelasannya:

  1. Aset, aset adalah semua kekayaan yang dimiliki oleh pribadi atau kelompok yang berwujud atau tidak berwujud, yang memiliki nilai yang akan bermanfaat bagi semua orang atau perusahaan. Contohnya kendaraan, kas, Gedung, piutang.

  2. Liabilitas, Liabilitas adalah suatu kewajiban yang dibayar oleh sebuah perusahaan pada pihak yang bersangkutan dengan cara mengeluarkan sejumlah dana atau sumber daya ekonomi perusahaan tersebut.

  3. Ekuitas, ekuitas adalah modal atau kekayaan perusahaan bisnis, dihitung dengan jumlah aset dikurangi dengan liabilitas.

  4. Pendapatan, pendapatan adalah hasil dari kegiatan penjualan barang atau jasa di sebuah perusahaan dalam periode tertentu.

  5. Beban, beban adalah suatu penurunan manfaat ekonomi dalam suatu periode akuntansi dalam bentuk arus kas atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang menyebabkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.

Perusahaan Harus Punya Laporan Keuangan, Kenapa?

Pembahasan diatas dikatakan bahwa laporan keuangan adalah dokumen penting perusahaan yang menyatakan kondisi keuangan suatu perusahaan atau menggambarkan kinerja perusahaan dalam suatu periode akuntansi. Laporan keuangan perusahaan itu bisa dijadikan para pengguna laporan keuangan untuk menanamkan modal di perusahaan, nah dari situ perusahaan bisa dapat tambahan modal untuk memperkuat bisnisnya. 

Lalu siapa aja sih pihak pengguna laporan keuangan perusahaan?

  1. Perusahaan itu sendiri, disini untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan  dan kinerja perusahaan, sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi untuk kedepannya

  2. Pelanggan, dijadikan pegangan untuk menumbuhkan rasa percaya terhadap produk dari perusahaan.

  3. Karyawan, menumbuhkan rasa percaya pada perusahaan tempat mereka bekerja, apabila keuangan stabil maka karyawan akan betah bekerja pada perusahaan tersebut

  4. Pemegang saham, untuk mempertimbangkan aspek investasi saham pada perusahaan atau bentuk investasi lainnya. Apabila keuangan perusahaan stabil dan meningkat tiap tahunnya maka investasi tersebut akan menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham, sebaliknya apabila keuangan tidak stabil dan selalu menurun akan membuat pemegang saham menjadi khawatir dan was  was.

  5. Calon investor, untuk memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan untuk pertimbangan penanaman modal.

 

Itulah pembahasan tentang pengguna dan pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Salam Growth Mindset

Untuk artikel lain silahkan cek pada web kjaatik.id atau informasi lebih lanjut, silakan kunjungi social media kami dibawah ini.

No Telepon            : (0274) 583286

WhatsApp : 081226924491

Youtub : Kantor Jasa Akuntan ASP

Instagram : @kjaasp

TIiktok : @kjaasp

Facebook : KJA Atik Sri Purwantiningsih